Kakanwil Agama Bali Harapkan Pasraman Satyam Eva Jayate Mampu Membantu Umat Hindu Kurang Mampu

Writen by pasraman , April 30, 2018

Pembangunan Pasraman Hindu yang gencar dilakukan Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (FA KMHDI) di Provinsi Bali mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Bali, I Nyoman Lastra, Rabu (18/4/2018) kemarin. Karena adanya pembangunan pasraman Hindu dinilainya sebagai ide yang luar biasa dalam menggerakan kemajuan SDM umat Hindu.
 
Kata Nyoman Lastra, bahwa banyak manfaat positif yang bisa kita lakukan demi umat Hindu dengan berdirinya Pasraman Satyam Eva Jayate yang digagas oleh FA KMHDI dan kader KMHDI Bali. Manfaat itu tiada lain bisa membantu generasi muda Hindu kurang mampu untuk dididik mendapatkan ilmu pengetahuan. Kemudian apabila pasraman ini mengarah ke pendidikan Hindu atau semacam sekolah maka akan ada pengangkatan guru Hindu di pasraman tersebut, dengan catatan pasraman ini memiliki ijin sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 tahun 2017.
 
“Pasraman sekolah Hindu juga memiliki kelebihan yakni bisa mensekolahkan peserta didik dari tingkat PAUD, SD, SMP dan siswa SD yang lulus dari pasraman juga  bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah umum,” katanya seraya menegaskan kita sudah memiliki regulasi mengenai pasraman sekolah Hindu.
 
Nyoman Lastra dihadapan Ketua Umum FA KMHDI Ketut Udi Prayudi dan panitia pembangunan Pasraman Satyam Eva Jayate mengatakan dirinya siap membantu terwujudnya pasraman yang berdiri di tanah aset Pemprov Bali di Denpasar Timur, karena ini ide luar biasa yang bisa menjadi idola umat Hindu. “Saya akan bantu mempercepat proses perijinan pasraman ini,” tegasnya di ruang kerjanya.
 
Sementara itu, Ketua Umum FA KMHDI Ketut Udi Prayudi yang mendengar nada optimisme Kakanwil Agama Provinsi Bali ini mengatakan FA KMHDI memiliki misi untuk mewujudkan Pasraman Satyam Eva Jayate karena ingin menciptakan SDM Hindu yang berkualitas. Apalagi di dalam penyelenggaraan pasraman ada tujuan yang sangat mulia yakni untuk mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk menjadi ahli ilmu agama yang kreatif, mandiri serta bertanggungjawab kepada Negara maupun agama Hindu itu sendiri.
 
“Ini cita-cita FA KMHDI bersama kader KMHDI, kami mohon doa restu agar terwujud,” ucapnya dihadapan Ketua Panitia Pembangunan I Putu G Chandra Kirawan, serta Sekretaris I Ketut Bagus Arjana Wira Putra dan pengurus PD KMHDI Bali.
 
Sumber : Baliportalnews

Copyright © 2018 Pasraman Satyam Eva Jayate. All Right Reserved.